harga update
Sedang memuat....Cara Mudah Menulis Berita yang Baik & Benar....

Cara Mudah Menulis Berita yang Baik & Benar

Cara Penulisan Berita – Penulis sebuah berita yang baik dan benar adalah salah satu modal utama bagi seorang wartawan atau penulis berita. Sehingga sebuah berita dapat disampaikan oleh repotase dengan mudah dan dapat ditangkap oleh para pendengar maupun pembaca dengan baik.

Berita merupakan sebuah reportase ( laporan) peristiwa yang bersifat fakta maupun opini yang aktual, menarik dan penting. Untuk dapat menulis berita dengan baik dan benar kalian harus memerhatikan unsur unsur penyusunan berita atau yang biasa disebut 5W+1H.

Unsur – Unsur Berita

Berita yang baik harus memperhatikan unsur 5W+1H

1. What/apa ?
Maksudnya peristiwa apa yang terjadi?
2. Who/siapa?
Maksudnya siapa orang yang terlibat dalam peristiwa itu ?
3. Where/ di mana?
Maksudnya di mana terjadi peristiwa itu ?
4. When/ kapan ?
Maksudnya kapan terjadi peristiwa itu ?
5. Why/mengapa?
Maksudnya mengapa bisa terjadi ?
6. How/bagaima?
Maksudnya bagaimana kejadian itu berlangsung?
Setelah memperhatikan unsur 5W+1H kita akan melihat beberapa coontoh membuat berita dengan 5W+1H, agar kalian bisa lebih paham dan mengerti. Tidak hanya contoh membuat berita dengan 5W+1H, kita juga akan membahas mengenai cara membuat berita dengan 5W+1H.

Contoh :

Malam hari tadi pasukan kualisi Teluk yang dipimpin oleh Kerajaan Saudi Arabia memborbardir kota San’a yang disinyalir menjadi basis pemberontak Syi’ah Hautsi. Serangan yang melibatkan puluhan pesawat tempur canggih ini menewaskan puluhan pemberontak dan menghancurkan gudang senjata mereka. Hal ini disinyalir sebagai bentuk tekanan terhadap para pemberontak agar seh mengakhiri kependudukannya di ibukota Yaman tersebut.

  • What/apa ? = pengeboman
  • Who/siapa? = tentara kualisi teluk
  • Where/ di mana? kota San’a
  • When/ kapan ? = malam hari tadi
  • Why/mengapa? = menekan pemberontak agar
  • meninggalkan San’a
  • How/bagaima? = menewaskan puluhan pemberontak dan menghancurkan

Cara Mudah Menulis Berita

Menulis berita dengan baik dan benar sebenarnya cukup mudah. Kalian hanya perlu memperhatikan unsur 5W+1H yang akan memudahkan kalian dalam hal cara membuat berita di koran, cara menulis berita bagi wartawan pemula, maupun cara membuat berita acara kejadian.

Contoh Menulis Berita

MERDEKA.COM. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengadakan pertemuan Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI). Pertemuan membahas pemilu 2014 tersebut dihadiri 56 organisasi kemasyarakatan (ormas) berbasis Islam.

“Kami membahas sikap dan pandangan umat Islam Indonesia tentang pemilihan umum 2014, pileg, dan menyongsong pilpres 9 Juli,” terang Din Syamsuddin, Ketua Umum MUI di kantor MUI, Jl. Proklamasi No. 51 Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/4).

Din mengungkapkan keprihatinan ormas-ormas Islam atas penyelenggaraan Pemilu 2014. Menurutnya masih terdapat banyak pelanggaran yang terjadi.

“Kami bersyukur atas berlangsungnya pileg yang relatif aman dan lancar. Walaupun demikian kami prihatin atas rendahnya kualitas pemilu 2014,” kata dia.

Din menilai masih marak jual beli suara dan politik uang dalam pileg 2014. Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan distribusi surat suara juga bermasalah.

“Kami dorong penyelenggara pemilu (KPU) agar jujur dan adil. Mereka harus bertanggung jawab dan transparan dalam mengawal serta melakukan penghitungan suara dari TPS sampai pusat,” pungkas dia.

Dalam contoh di atas, mari kita temukan unsur-unsur beritanya:

  • What = Mengadakan pertemuan
  • Who = MUI
  • When = Senin (21/4).
  • Where = di kantor MUI.
  • Why = membahas sikap dan pandangan umat Islam tentang Pemilu 2014.
  • How = dihadiri 56 ormas Islam, ormas Islam menyatakan keprihatinan.

Nah, mudah bukan? setelah membaca cara menulis berita dengan baik dan benar. Kalian bisa mengaplikasikan / mencoba menulis kejadian kejadian yang kalian temui di lingkungan sekitar. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya.

 

Baca Juga :

Trend Gaya Rambut Pria 2017

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja dan Jawabannya

Cara Mudah Menulis Berita yang Baik & Benar | om4ac | 4.5
/* */